Agenda Kurikulum Siap UN 2010 : 1. 8 - 9 Februari 2010 Try Out UN 2 2. 8 - 20 Februari 2010 UH I Smt 2 3. 22 - 27 Februari 2010 Latihan UN 2 4. 1 - 6 Maret 2010 UTS 2 / Latihan US 5. 7 Maret 2010 AMT Kelas XII 6. 8 - 10 Maret 2010 Ujian Praktek Bhs. Indonesia dan Bhs. Inggris 7. 11 - 20 Maret 2010 Klinik UN 8. 22 - 26 Maret 2010 Ujian Praktek ( IPA, PAI, Bhs. Jawa, Bhs. Asing, TIK )
Standar Kompetensi: 1. Menggunakan perangkat lunak pembuat desain grafis
Kompetensi Dasar 1 :
1.1Menunjukan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak desain grafis
Materi Pembelajaran :
Indentifikasi Menu Desain GrafisCorel Draw
Indikator Pencapaian :
·Mengidentifikasi perbedaan grafis berbasis vektor dan bitmap
·Mengidentifikasi menu dan ikon pada program desain grafis Corel Draw
Kegiatan Pembelajaran
Tatap Muka :
·Mengamati dan mengidentifikasi tampilan dari menu pada desain grafis Corel Draw dan mendiskusikan dengan dalam kelompok dibimbing oleh guru mata pelajaran
·Diskusi mengenai gambar berbasis vektor dan berbasis bitmap
Tugas Terstruktur :
·Mempraktekkan cara menjalankan program Corel Draw dan menutupnya
·Mempraktekkan kegunaan menu dan ikon
Tugas Tidak Terstruktur :
·Membuat daftar kegunaan fungsi menu dan ikon
Penilaian :
Penilaian kinerja (sikap dan praktek serta tertulis)
Alokasi Waktu :
8 JP
2 JP UB
Sumber / Bahan / Alat :
·Sumber Buku TIK Karya Sadiman, S.Pd Penerbit Erlangga Jakarta
·Alat Seperangkat Komputer dengan software Corel Draw 11 / 12
Kompetensi Dasar 2 :
1.2Menggunakan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat desain grafis
Materi Pembelajaran :
Membuat Desain Sederhana dengan Corel Draw
Indikator Pencapaian :
·Mendemontrasikan pembuatan obyek dengan desain grafis Corel Draw
·Mendemontrasikan perubahan bentuk pada obyek desain grafis
·Mendemontrasikan pewarnaan pada obyek
·Mendemontrasikan cara pembuat obyek
Kegiatan Pembelajaran
Tatap Muka :
·Mendemontrasikan penggunaan menu, tool dan icon untuk membuat gambar desain sederhana dengan bimbingan guru
·Pemberian latihan secara bertahap sehingga pemahaman dan kemampuan siswa dalam pembuatan grafis secara bertahap dapatmeningkat
Tugas Terstruktur :
·Membuat contoh objek sederhana
Tugas Tidak Terstruktur :
·Membuat laporan praktek
Penilaian :
Penilaian melalui kinerja (praktek dan sikap)
Alokasi Waktu :
12 JP
4 UB
Sumber / Bahan / Alat :
·Sumber Buku TIK Karya Sadiman, S.Pd Penerbit Erlangga Jakarta
·Alat Seperangkat Komputer dengan software Corel Draw 11 / 12
Kompetensi Dasar 3 :
1.3Membuat grafis dengan berbagai variasi warna, bentuk dan ukuran
Materi Pembelajaran :
Membuat Desain Grafis untuk keperluan cetak
Indikator Pencapaian :
·Memotong dan menggabungkan obyek desain grafis
·Membuat desain grafis untuk keperluan cetak
·Membuat karya dengan aplikasi bitmap dua dan tiga dimensi
Kegiatan Pembelajaran
Tatap Muka :
·Mempraktekan cara membuat desain grafis untuk percetakan
Tugas Terstruktur :
·Memberi contoh pembuatan logo dan brosur
Tugas Tidak Terstruktur :
·Membuat laporan praktek
Penilaian :
Penilaian melalui kinerja (praktek dan sikap)
Alokasi Waktu :
8 JP
2 UB
Sumber / Bahan / Alat :
·Sumber Buku TIK Karya Sadiman, S.Pd Penerbit Erlangga Jakarta
·Alat Seperangkat Komputer dengan software Corel Draw 11 / 12
Pembina : Nur Agus Kurniawan, S.Kom Ketua : Husin Nanda Prawira ( XI IPA 4 ) Anggota : - Fadhil Batiaji Putra ( XI IPA 4 ) - Ristia Purwodiningsih ( X - 5 ) - Siti Apriliani ( X - 3 ) - Rizka Amalyah ( X - 3 ) Waktu Pelaksanaan : Selasa, jam 13.30 WIB
Standar Kompetensi: 1. Menggunakan perangkat lunak pembuat desain grafis
Kompetensi Dasar 1 :
1.1Menunjukan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak desain grafis
Materi Pembelajaran :
Indentifikasi Menu Desain GrafisCorel Draw
Indikator Pencapaian :
·Mengidentifikasi perbedaan grafis berbasis vektor dan bitmap
·Mengidentifikasi menu dan ikon pada program desain grafis Corel Draw
Kegiatan Pembelajaran
Tatap Muka :
·Mengamati dan mengidentifikasi tampilan dari menu pada desain grafis Corel Draw dan mendiskusikan dengan dalam kelompok dibimbing oleh guru mata pelajaran
·Diskusi mengenai gambar berbasis vektor dan berbasis bitmap
Tugas Terstruktur :
·Mempraktekkan cara menjalankan program Corel Draw dan menutupnya
·Mempraktekkan kegunaan menu dan ikon
Tugas Tidak Terstruktur :
·Membuat daftar kegunaan fungsi menu dan ikon
Penilaian :
Penilaian kinerja (sikap dan praktek serta tertulis)
Alokasi Waktu :
8 JP
2 JP UB
Sumber / Bahan / Alat :
·Sumber Buku TIK Karya Sadiman, S.Pd Penerbit Erlangga Jakarta
·Alat Seperangkat Komputer dengan software Corel Draw 11 / 12
Kompetensi Dasar 2 :
1.2Menggunakan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat desain grafis
Materi Pembelajaran :
Membuat Desain Sederhana dengan Corel Draw
Indikator Pencapaian :
·Mendemontrasikan pembuatan obyek dengan desain grafis Corel Draw
·Mendemontrasikan perubahan bentuk pada obyek desain grafis
·Mendemontrasikan pewarnaan pada obyek
·Mendemontrasikan cara pembuat obyek
Kegiatan Pembelajaran
Tatap Muka :
·Mendemontrasikan penggunaan menu, tool dan icon untuk membuat gambar desain sederhana dengan bimbingan guru
·Pemberian latihan secara bertahap sehingga pemahaman dan kemampuan siswa dalam pembuatan grafis secara bertahap dapatmeningkat
Tugas Terstruktur :
·Membuat contoh objek sederhana
Tugas Tidak Terstruktur :
·Membuat laporan praktek
Penilaian :
Penilaian melalui kinerja (praktek dan sikap)
Alokasi Waktu :
12 JP
4 UB
Sumber / Bahan / Alat :
·Sumber Buku TIK Karya Sadiman, S.Pd Penerbit Erlangga Jakarta
·Alat Seperangkat Komputer dengan software Corel Draw 11 / 12
Kompetensi Dasar 3 :
1.3Membuat grafis dengan berbagai variasi warna, bentuk dan ukuran
Materi Pembelajaran :
Membuat Desain Grafis untuk keperluan cetak
Indikator Pencapaian :
·Memotong dan menggabungkan obyek desain grafis
·Membuat desain grafis untuk keperluan cetak
·Membuat karya dengan aplikasi bitmap dua dan tiga dimensi
Kegiatan Pembelajaran
Tatap Muka :
·Mempraktekan cara membuat desain grafis untuk percetakan
Tugas Terstruktur :
·Memberi contoh pembuatan logo dan brosur
Tugas Tidak Terstruktur :
·Membuat laporan praktek
Penilaian :
Penilaian melalui kinerja (praktek dan sikap)
Alokasi Waktu :
8 JP
2 UB
Sumber / Bahan / Alat :
·Sumber Buku TIK Karya Sadiman, S.Pd Penerbit Erlangga Jakarta
·Alat Seperangkat Komputer dengan software Corel Draw 11 / 12
Catatan : JP = Jam Pelajaran 45 menitUB =Ulangan Blok
Berdiri tanggal 22 Desember 1986. Lokasi SMA Negeri 3 Tegal berada di samping pasar LANGON Tegal Timur. Alamat di Jl. Sumbodoro No. 81 Tegal. Diusianya yang hampir seperempat abad, melangkah pasti dengan semangat membentuk generasi ideal harapan masyarakat dan bangsa.